SIMRS – Sering melihat antrean di rumah sakit atau layanan kesehatan lainnya? Ya, pemandangan yang sama masih terlihat hingga saat ini terutama di tengah kondisi pandemi yang kini terjadi.
Masalah tersebut bisa diatasi dengan Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS). Mengutip definisi Kementerian Kesehatan RI, SIMRS adalah sistem teknologi informasi komunikasi yang memproses dan mengintegrasikan seluruh alur proses pelayanan rumah sakit dalam bentuk jaringan koordinasi, pelaporan dan prosedur administrasi untuk memperoleh informasi secara tepat dan akurat.
Bagaimana penerapan SIMRS yang tepat?
SIMRS adalah solusi bagi rumah sakit untuk transformasi digital. SIMRS sudah diatur dalam regulasi SIMRS yang tertuang pada Permenkes RI Nomor 82 tahun 2013 tentang Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit. Dalam regulasi SIMRS tersebut dinyatakan bahwa setiap rumah sakit wajib menyelenggarakan SIMRS. Namun sayangnya rumah sakit dinilai tidak memiliki pengelolaan IT yang komperhensif, sehingga menjadi kendala penerapan maupun pengembangan SIMRS.
Pengembangan SIMRS oleh rumah sakit secara internal tentu membutuhkan waktu dan resource yang cukup banyak. Belum lagi biaya yang dikeluarkan untuk pengembangan SIMRS yang tidak sedikit. Oleh karena itu, penggunaan layanan SIMRS pihak ketiga menjadi pilihan terbaik. Lintasarta SIMRS dapat menjadi alternatif untuk Anda yang sedang mencari SIMRS terbaik. Lintasarta SIMRS adalah sistem pencatatan rekam medis yang mengintegrasikan seluruh alur proses pelayanan rumah sakit secara real-time untuk memperoleh informasi medis dan non-medis secara tepat dan akurat.
Keunggulan Lintasarta SIMRS untuk Rumah Sakit
- Terintegrasi berbagai layanan Keunggulan Lintasarta SIMRS adalah terintegrasi dengan berbagai layanan di Indonesia seperti layanan asuransi hingga layanan pembayaran. Di antara layanan asuransi di Indonesia yang terintegrasi dengan Lintasarta SIMRS yaitu BPJS, di mana layanan ini mencakup banyak masyarakat di Indonesia dari berbagai wilayah. Lintasarta SIMRS terintegrasi dengan BPJS melalui V-Claim dan E-Claim untuk mempermudah rumah sakit dalam melakukan administrasi pasien. Dengan demikian, keunggulan solusi Lintasarta ini akan memudahkan proses administrasi rumah sakit sehingga antrean pasien maupun calon pasien bisa diminimalisir.
- Data yang real-time Berkat kerja sama Lintasarta dengan berbagai pihak terkait, Lintasarta SIMRS dapat menyajikan data secara real-time. akan memudahkan rumah sakit mengatasi kendala sistem dengan cepat.
Pencatatan rekam medis SIMRS dilengkapi dengan serangkaian sistem mencakup Patient Administration System, Electronic Medical Record, Department Information System dan Enterprise Resource Planning. Secara khusus, Electronic Medical Record berfungsi untuk merekam berkas rekam medis pasien selama kegiatan pelayanan medis dilakukan. Biasanya, pencatatan rekam medis pasien dilakukan secara manual.
Rekam medis pasien dapat dilakukan secara digital sehingga dapat mempercepat tenaga medis dalam melakukan dan mempersiapkan tindakan. Semua data yang terhimpun dalam serangkaian sistem di atas akan tersimpan di data center sehingga menjadi big data. Selanjutnya, basis data yang besar tersebut dapat dianalisis untuk kepentingan lainnya seperti penelitian dan pengembangan.