Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit
Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit yang selanjutnya disingkat SIMRS adalah suatu sistem teknologi informasi komunikasi yang memproses dan mengintegrasikan seluruh alur proses pelayanan Rumah Sakit dalam bentuk jaringan koordinasi, pelaporan dan prosedur administrasi untuk memperoleh informasi secara tepat dan akurat, dan merupakan bagian dari Sistem Informasi Kesehatan.
Sistem ini disiapkan untuk menangani keseluruhan proses manajemen Rumah Sakit, mulai dari pelayanan diagnosa dan tindakan untuk pasien, medical record, apotek, gudang farmasi, penagihan, database personalia, penggajian karyawan, proses akuntansi sampai dengan pengendalian oleh manajemen.
Berdasarkan definisi di atas, maka kita dapat membagi SIMRS menjadi 6 komponen utama guna menunjang terlaksananya penerapan SIMRS yang benar dan sesuai kebutuhan:
- Software (Sistem Informasi Manajeman Rumah Sakit)
- Hardware (perangkat Keras berupa komputer, printer dan lainnya)
- Networking (jaringan LAN, wireless dan lainnya)
- SOP (Standard Operating Procedure)
- Komitmen (komitmen semua unit / departemen / instalasi yang terkait untuk sama-sama mejalankan sistem karena sistem tidak akan berjalan tanpa di-input)
- SDM (sumberdaya manusia adalah faktor utama suksesnya sebuah sistem dimana data di-input dan diproses melalui tenaga SDM tersebut)
Innovasi dalam bertugas
Menjadi rumah sakit yang ideal dan terbaik bukan berarti harus memiliki area yang luas dan bisa mendapatkan banyak keuntungan. Tetapi keterampilan administrasi dan manajemen yang baik dari semua staf, perawat, dan dokter untuk mewujudkan hasil, Mengelola dan memelihara informasi terkini tentang perawatan pasien, obat-obatan dan metodologi teknologi alternatif dalam memberikan layanan, dll. merupakan komponen dasar pengukuran agar skor kualitas menjadi yang terbaik. Dan jika Anda memiliki sistem otomatis yang dapat membantu Anda untuk mencoba dan melakukan tugas-tugas penting lainnya.
Sistem manajemen rumah sakit dapat menyediakan cara otomatis untuk mengelola setiap kegiatan rumah sakit daripada sistem tradisional. Selain itu, sistem ini dapat mengoperasikan kegiatan rutin rumah sakit seperti rawat inap, rawat jalan, billing, test, bed management, account sector, HR management, dll. secara akurat dan efisien. Juga, ini membantu untuk menghasilkan laporan harian, mingguan, bulanan, setengah tahunan, dan tahunan dari penjualan, pendapatan, pasien, tes lab, manajemen tempat tidur, dll. Secara keseluruhan, Hanikom Smart Hospital memberi Anda kesempatan untuk menjalankan administrasi rumah sakit secara digital dan sangat efisien